Selasa, 12 Mei 2020

Cara Pasang Plafon PVC yang Baik dan Benar

Cara Pasang Plafon PVC yang Baik dan Benar

Plafon PVC saat ini banyak dipilih pada saat membangun rumah atau gedung. Hal ini karena plafon PVC memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah dapat menghemat biaya perawatan. Selain itu, pemasangannya juga tidak terlalu rumit, dan tidak memerlukan cat. Keunggulan lainnya adalah tidak mudah bocor dan anti rembes. Lalu, bagaimana cara pasang plafon PVC yang baik dan benar.

Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebagai langkah awal cara pasang plafon PVC adalah mempersiapkan bahan-bahan yang ada. Di sini ada dua bagian bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Untuk peralatannya sendiri di antaranya adalah:

- Bor dengan ukuran 10mm
- Cutter atau pemotong
- Mata bor yang digunakan memasang sekrup
- Grinder dan siku
- Meteran dan palu
- Kabel dan stop kontak
- Sedangkan untuk bahan pemasangannya beberapa di antaranya yang harus ada yakni
- Rangka plafon yang bisa Anda pilih seperti kayu maupun besi hollow
- Plafon PVC dengan kualitas baik
- Paku, untuk kualitas paku terbaik dianjurkan untuk menggunakan paku biasa
dibandingkan paku beton
- Sekrup untuk memasang rangka hollow


Pasang Rangka Plafon PVC

Sebelum melakukan pemasangan rangka plafon PVC, tandailah ketinggiannya terlebih dahulu. Sebisa mungkin, pemasangan tandanya tidak melebihi ring balok. Ini karena ring balok menjadi bagian tembok yang cukup keras dan dapat membuat paku bengkok. Penandaan tersebut sebaiknya dengan menggunakan waterpass selang, ini berfungsi agar tampak lebih rata. Ketinggian plafon pun sebaiknya jangan kurang dari tiga meter.
Justru semakin tinggi dari angka tersebut akan semakin baik. Lakukanlah dengan hati-hati ketika memasang rangka plafon ini. Pastikan sudutnya sudah sesuai dan ukuran rangka tidak kurang atau tidak melebihi dari bidang yang akan dipasang tadi.

Pasanglah List Profil PVC

Ketiga, setelah memasang rangka plafon PVC kini saatnya bagi Anda untuk memasang list profil PVC. Pasanglah pada sekeliling tembok tepat di bawah rangka plafon PVC yang telah dibuat sebelumnya. Pada saat memotongnya, lakukanlah pada bagian sudutnya. Caranya adalah Anda harus menggunakan gergaji maupun gerinda.
Saat memotong, sebaiknya Anda perlu berhati-hati dan perhatikan faktor keamanannya. Misalnya saja menggunakan pelindung tangan, kacamata agar debu atau partikel halus dari list profil ini mengenai mata. Setelah itu, pasangkanlah list tersebut dengan bor dan sekrup. Usahakan beri jarak antara sekrup satu dengan lainnya kurang lebih 30 – 50 cm.

Pasang Papan PVC Perlahan

Berikutnya, langkah keempat dari cara pasang plafon PVC adalah meletakkan dan memasang papan PVC-nya. Anda bisa memasang papan tersebut dengan menggunakan bor dan sekrup yang sudah disiapkan tadi. Dalam memasangnya, harus dilakukan satu per satu dan lembar demi lembar. Mulailah dari satu sisi pinggiran tembok. Lalu, masukkan sisi papan PVC pada list profil PVC yang telah dipasang sebelumnya. Sekrup bagian sisi lain papan PVC agar semakin kuat.
Bila papan PVC ini sudah terpasang, sambunglah kembali papan lain sampai selesai. Saat memasang sekrup PVC tersebut pastikan sudah kencang agar tidak mudah lepas di kemudian hari. Perhatikan pula jika sekrup yang digunakan tadi memiliki kualitas terbaik dan tidak rusak.

Bersihkan Sisa Sampah Pemasangan Tadi

Setelah semua langkah di atas selesai, maka cara pasang plafon PVC yang terakhir adalah membersihkan sampah dan sisa-sisa pemasangan tadi. Termasuk bahan-bahan material yang ada. Usahakan buanglah pada tempat tertentu, pisahkanlah antara sampah yang bisa diurai dan tidak diurai. Kemudian, jauhkanlah dari jangkauan anak-anak. Sebab, bila tidak anak-anak akan menggunakan sisa bahan tersebut dan itu cukup berbahaya.
Ingat, potongan sisa PVC yang tersisa bisa saja terdapat bagian yang tajam atau runcing. Sebaiknya, Anda letakkan dan sisihkan di tempat yang aman. Gunakanlah alas kaki dan pelindung pada tangan pada saat memasang maupun membersihkannya.

Jika anda ada kebutuhan Plafon, segera cari plafon PVC merk indofonGroup yaitu

Tersebut adalah rekomendasi terbaik merk plafon yang ada di Indonesia

Untuk Kontack person indofon Group ada di
Telp/ Fax 0274-2822833
Email marketing@indofon.com

TELP FAX
0274-2822833


 HUB KAMIWHATSAPP
0821 3857 9056


 INDOFON PVCINSTAGRAM
@INDOFONPVC


 INDOFON PVCFACEBOOK
INDOFON PVC YOGYA


 INDOFONYOUTUBE
INDOFON


















































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar