Senin, 11 Mei 2020

Plafon PVC atau Gypsum mana yang murah?


Plafon PVC atau Gypsum mana yang murah?

PlafonPVC atau Gypsum mana yang murah? Pasti bagi orang awam aka nada pertanyaan seperti itu ketika sedang mencari informasi mengenai material plafon untuk rumah nya atau seorang kontraktor yang membutuhkan perbandingan harga agar bisa menghitung RAB pada proyek nya khususnya pada area plafon membutuhkan biaya berapa dan penggunaan bahan yang tepat untuk klien nya.

Yuk kita coba hitung-hitung dari segi harga bahan dengan menggunakan bahan yang sudah ternama di masing-masing brand material tersebut :

Jayaboard Gypsum
Indofon PVC Plafon
Harga 9mm (1.20×2.40) Rp 63.000/lbr
Harga 8mm ID 25 (4mx20cm) Rp 80.000/lbr
Harga Lis Gypsum Rp 20.000/btg
Harga Lis Plafon PVC IDF A1 Rp 60.000/btg

Tabel diatas merupakan baru bahan material nya saja belum termasuk rangka holo,screw dan untuk gypsum pasti butuh kompon,cat kalau plafon PVC tidak perlu di kompon atau cat otomatis mengurangi biaya. Saya mendapatkan info harga pada beberapa website sehingga dari segi ke akuratan nya bisa jadi tidak bisa di pertanggungjawabkan tapi secara kurang lebih tidak jauh harga nya.

Dan untuk terpasang pun sangat variatif tergantung tukang masing-masing bisa anda negosiasikan diawal sehingga anda bisa menyesuaikan nilai harga permeter persegi nya, contoh jika gypsum bisa Rp 165.000/m2 sudah bersih sedangkan Plafon PVC jika menggunakan warna putih bisa di kisaran Rp 200.000/m2 baik plafon PVC maupun gypsum pun ada tingkatan harga berdasarkan kesulitan pengerjaan.
Namun kita tidak fair jika hanya dari sudut pandang harganya saja,tapi kita juga perlu membandingkan kelebihan dan kekurangan dari kedua material plafon ini.


Kelebihan
Kekurangan
          Gypsum
Murah,tukang biasa bisa mengerjakan pemasangan plafon ini,lembaran nya cukup besar sehingga media pasang nya bisa lebih luas untuk 1 lembar nya, bisa dibentuk model apapun.
Tidak tahan air,bisa kena rayap,mudah lapuk jika terkena air,jika ada perbaikan mesti melakukan pengecatan dan akhir nya belang warna nya.pengerjaan nya lama dan harus banyak orang,kurang sehat bagi orang penderita gangguan pernapasan,berat bisa membahayakan jika tertimpa
          PVC

Tahan Air,Anti Rayap,Ringan,Pemasangan Cepat,tidak cepat lapuk,elastis,hemat perawatan,tidak perlu dicat,aman buat kesehatan karena tidak ada partikel yang berjatuhan,bisa di bentuk model apapun.
Mahal,Tidak bisa di sambung jika salah potong,pemasangan belum banyak orang paham,tidak bisa digunakan untuk area outdoor terkena paparan sinar matahari langsung.lembaran nya hanya selebar 20 cm saja namun ada beberapa merk ternama memiliki lebar tersendiri.

Jika anda ada kebutuhan Plafon, segera cari plafon PVC merk indofonGroup yaitu

1.       Plafon PVC merk Indofon
2.       Plafon PVC merk Plafindo
3.       Plafon PVC merk Maxx PVC

Tersebut adalah rekomendasi terbaik merk plafon yang ada di Indonesia

Untuk Kontack person indofon Group ada di
Telp/ Fax 0274-2822833
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar